Freebsd adalah operasi system yang bermirip dengan Unix yang pertama kali di ciptakan oleh Berkeley software distribution (BSD). freebsd banyak di gunakan di semua perusahaan seperti server admin dan mail server itu menggunakan freebsd. hanya freebsd itu bawaan dari pfsense, cuman freebsd mempunyai kekurangan seperti tidak digunakan pada micro karnal llam pc IBM dan freebsd juga mempunyai kelebihan seperti sistem stabil untuk database dan server internet dll.

Oh iya pada artikel hari ini bukan materi saja tapi cara instalasi freebsd di virtualbox. ikutin seperti perintah di bawah ini.

Pastikan semua ke create virtual machine itu ada di virtualbox dan pilih new di samping pojok kiri, jika sudah masu ke dalam virtual machine maka isi name sesuai materinya setelah itu pilih type BSD dan pilih version nya yaitu freebsd bit 64 jika freebsd nya bit 32 yah pilih bit 32 sesuai versionnya

Setelah selesai pilih next / selanjutnya.

Akan di suruh kasih memory sizenya pada freebsdnya. kasih saja memorynya 2497MB ini sih bebas mau di kasih berapa memorynya sesuai kebutuhannya.

Jika sudah selesai langsung pilih Next / selanjutnya.

Jika pilih use an existing virtual hard disk file harus memasukan OS pada freebsdnya yang telah dowloandnya OSnya. tapi di artikel ini itu pilih create a virtual hard disk now.

Jika sudah selesai maka selanjutnya pilih create.

Langsung saja pilih VDI ( virtualBox disk image) itu jika ingin menggunakan OSnya.

Setelah selesai pilih langsung pilih next.

Langsung saja pilih dynamically allocated dan pilih next / selanjutnya.

Jika yang ini di abaikan saja langsung pilih next saja.

Seteleh selesai pengaturan pada mesin virtualbox sekarang yaitu ke network yang telah barusan di buat, itu di adapter 1 itu pilih Nat.

Jika di adapter 2 itu pilih bridge adapter Setelah selesai mengatur network langsung pilih ok, itu akan otomatis simpen hasil ubahan yang barusan.

Jika sudah selesai sekarang jalankan mesin virtualbox yang barusan di buat , akan muncul seperti gambar di bawah ini suruh di masukan os yang freebsdnya. tinggal pilih gambar file.

Setelah selesai langsung pilih start.

Akan seperti gambar di bawah ini akan ada os sebelum di start.